Pencarian
Banner
Statistik

Total Hits : 640462
Pengunjung : 172868
Hari ini : 56
Hits hari ini : 113
Member Online : 1
IP : 44.211.31.134
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

sma2bojonegoro    sma2bojonegoro
Agenda
20 July 2024
M
S
S
R
K
J
S
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

Bimtek Pembelajaran Abad 21

Tanggal : 08/10/2021, 12:09:10, dibaca 642 kali.

Belajar di Masa Pandemi

 Di awal  pembelajaran daring tahun ajaran baru 2021 / 2022, bapak ibu guru SMA N 2 Bojonegoro sangat perlu untuk menyamakan persepsi dalam pembelajaran masa pandemi covid. Hal ini tidak lepas dengan digital learning. Selain itu dalam menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum ( AKM) , butuh persiapan  yang matang,  tidak hanya siswa, namun juga bapak ibu guru . Karena pembelajaran menuju Unas dan menuju AKM amat beda. Pembelajaran AKM yang berbasis Contectual Learning.  Semua berdasarkan fakta dan keterpakaian dalam dunia nyata.  Bukan hanya sebuah imajinasi atau dalam angan.  Sehingga merupakan bekal hidup lulusan.

 Atas dasar hal tersebut,  SMA N 2 Bojonegoro, menyelenggarakan In House Training ( IHT ) dengan tema " Pembelajaran Skill Abad 21  berbasis digital,  untuk menghadapi AKM" pada tanggal 3 sampai 6  Juli 2021.

 IHT diselenggarakan di aula atas,  yang sangat luas,  tentu saja dengan protokol kesehatan,  berjarak dan memakai masker.

 Sebelum materi,  ibu kepala sekolah Rohani Cahyaning,  M. Pd menginformasikan kebijakan SMA N 2 Bojonegoro,  serta mengingatkan visi dan misi SMA N 2 Bojonegoro.  Berharap pembelajaran tidak berkutat dengan pengetahuan,  namun juga ketrampilan serta yang terpenting adalah membangun karakter.

Selain ada hal penting yang disampaikan , bahwa pembelajaran daring tidak sekedar mengirim materi dan tugas untuk siswa, Krn itu guru harus selalu update pengetahuan untuk mengelola pembelajaran yg baik sesuai tuntutan jaman.

 

Untuk mengenalkan Digital Learning,  hadir sebagai nara sumber bapak Fadibah Setiawan ,MPd , widyaiswara LPMP untuk mengenalkan penerapan Google Workspace Education ( GWE).  GWE merupakan Learning Management Sistem ( LMS)  yang difasilitasi oleh pemerintah untuk pembelajaran daring.  GWE sangat mengcover pembelajaran di masa pandemi.  Namun bisa juga melengkapi pembelajaran Luring.  Karena banyak fitur fitur yang menarik dan fleksibel.

 Hadir nara sumber,  bapak Abdul Malik, MPd yang merupakan pakar AKM di Bojonegoro menjelaskan secara rinci,  apa AKM , mengapa dilaksanakan,  dan bagaimana soal soal AKM bisa mengasah kemampuan berpikir siswa. 

 Hadir pula ibu Fenny Yulinanita, S. Pd juga merupakan pakar AKM,  yang mempraktekkan bagaimana membuat soal soal AKM yang benar,  juga  keaneka ragaman bentuk soal soal AKM.

 Hampir semua bapak ibu guru SMA N 2 hadir dalam pelaksanaan IHT.  Usai materi disampaikan banyak tanya jawab yang dilontarkan para peserta.  Menandakan bahwa mereka menyimak apa yang telah disampaikan,  sehingga pertanyaan pertanyaan yang terbesit,  harus tuntas di tempat.  Diharap tidak ada lagi kesulitan dalam pembelajaran era pandemi dan digital. 

 Kegiatan ditutup oleh bapak Kacabdin Adi Prayitno, M. Pd dengan memberikan motivasi dan semangat bapak ibu guru untuk mengemban tugas negara dengan penuh keikhlasan dan loyalitas yang tinggi. Bekerja dengan hati . Selain itu beliau mengharapkan bapak ibu guru untuk menjadikan siswa pelajar pancasila.  Dengan mengintregasikan di dalam pembelajaran berupa karakter karakter positif.  Jujur,  disiplin, tanggung jawab dsb.  Tentu saja bapak / ibu guru sebagai tauladan bagi mereka. 

IHT kali ini benar benar bermakna dan bisa diterapkan dalam pembelajaran . Selalu semangat dalam segala kondisi.  Selalu belajar dan belajar. [Siti Mukaromah,  S. P]



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas