Pencarian
Banner
Statistik

Total Hits : 640452
Pengunjung : 172867
Hari ini : 55
Hits hari ini : 103
Member Online : 1
IP : 44.211.31.134
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

sma2bojonegoro    sma2bojonegoro
Agenda
20 July 2024
M
S
S
R
K
J
S
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

Maju Pantang Mundur Ciptakan Lingkungan Bersih dan Nyaman

Tanggal : 03/14/2023, 14:27:15, dibaca 504 kali.

Maju Pantang Mundur

Ciptakan Lingkungan Bersih dan Nyaman

( Siti Mukaromah,  Guru bahasa Jepang)

 

SMA N 2 Bojonegoro berada di dalam wilayah kota kabupaten Bojonegoro.  Dengan lokasi yang strategis dan sangat cocok untuk tempat pembelajaran. SMA N 2 Bojonegoro mempunyai lahan yang sangat luas mencapai lebih dari empat hektar. Suasana sangat rindang,  karena banyak  pepohonan maupun tumbuh tumbuhan dan bunga di area tersebut. Oleh karena itu SMA N 2 Bojonegoro  merupakan tempat yang ideal dan nyaman untuk menyelenggarakan pengembangan ilmu pengetahuan,  peningkatan norma dan etika dalam rangka mengantarkan para siswa untuk meraih cita cita menuju kesejahteraan hidupnya.

SMA N 2 Bojonegoro saat ini sedang menuju adiwiyata mandiri. Sebagai sekolah adiwiyata nasional,  SMA N 2 Bojonegoro telah mengembangkan budaya peduli lingkungan. Salah satunya dengan mengaktifkan pokja pokja yang terdiri dari semua warga sekolah baik guru,  siswa dan karyawan sekolah.  Pokja mengaktifkan kegiatan kegiatannya,  misalnya dalam rangka penghematan sumber energi , sumber daya air serta tanggap lingkungan . Sehingga menjadikan SMA N 2 Bojonegoro sebagai tempat pendidikan. yang aman ,nyaman , bersih dan rindang  .

Isu tentang Kerusakan lingkungan yang sedang terjadi,  bahkan semakin memprihatinkan adalah salah satu tantangan bagi SMA N 2 Bojonegoro untuk mengembalikan menjadi lingkungan yang sehat dan asri.  Rendahnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan hingga terjadi kerusakan lingkungan juga merupakan masalah yang harus terselesaikan. 

Untuk mengatasi masalah masalah tersebut, 

SMA N 2 Bojonegoro sebagai pelayanan jasa di bidang pendidikan,  terdorong untuk menyelenggarakan pembelajaran yang terintegrasi dengan lingkungan

Kegiatan diawali dengan penyusunan pedoman pembelajaran dalam bentuk KTSP ( Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)

KTSP SMA N 2 Bojonegoro terintegrasi dengan lingkungan, artinya semua pelaksanaan pembelajaran di sekolah baik intra  kurikuler maupun ekstra kurikuler semua berbasis ramah lingkungan.

Yang tampak nyata dalam keseharian adalah

1. Tempat pembelajaran ( kelas)

Kelas kelas di SMA N 2 Bojonegoro,  diupayakan dalam kondisi bersih,  sehingga siswa bisa belajar dengan nyaman.  Dibentuk piket kelas . Setiap hari ada siswa yang membersihkan ruang kelas.

Tersedia juga gasebo,  baik di depan atau di belakang sekolah.  Siswa bebas belajar baik indoor maupun outdoor. Diharapkan pembelajaran akan nyaman dan mudah terserap. 

2. Lorong kelas

Lorong kelas bersih dan bebas dari sampah.  Karena di depan tiap tiap kelas disediakan dua tempat sampah.  Tempat sampah warna biru untuk sampah organik dan tempat sampah kuning untuk sampah anorganik.  Bahkan di beberapa tempat tertentu ada lima tempat sampah.

Fungsi penampungan sampah sesuai warnanya seperti warna hijau berarti sampah organik (daun, sisa makanan, ranting), warna kuning seperti sampah guna ulang (plastik, kaca, kaleng) lampu, aki, obat nyamuk), warna merah seperti sampah B3/Bahan Berbahaya dan Beracun (baterai, Alat medis) warna biru untuk sampah daur ulang (kertas, kardus, koran), warna abu-abu untuk sampah residu (puntung rokok, popok, tisu, kapas).

Siswa siswa sudah terbiasa untuk membuang sampah di tempatnya.  Budaya hidup dengan lingkungan bersih,  sudah tertanam sejak menjadi siswa SMA N 2 Bojonegoro.

 

 3. Perpustakaan

Perpustakaan SMA N 2 Bojonegoro, sangat luas dan bersih. Serta ada banyak buku buku buku sebagai referensi dalam kegiatan pembelajaran. Buku buku tersusun rapi di lemari buku.  Administrasi yang juga rapi,  memudahkan siswa untuk meminjam buku buku yang dikehendaki.  Selain itu tersedia Wifi yang bisa mengakses internet,  untuk mencari materi materi dengan mudah.  Sehingga siswa merasa nyaman dan menikmati belajar.

4. Wifi Sekolah

Merupakan fasilitas sekolah untuk siswa agar memperoleh sarana internet gratis.  Wifi tersebar di beberapa tempat.  Ruang guru , aula , ruang komputer dan perpustakaan .  Sehingga siswa mudah untuk mengakses internet tanpa harus bayar.

5. Green House

Adanya greenhouse di lingkungan sekolah,  adalah untuk mengedukasi siswa latihan bercocok tanam. Sehingga selain belajar ilmu,  mereka juga bisa mempraktekkan.  Greenhouse terletak di belakang sekolah, dengan intensitas cahaya yang memadahi untuk tumbuh kembangnya tanaman. Tanaman tanaman hidroponik , tumbuh subur dan sangat baik untuk dikonsumsi.  Sayuran segar yang dihasilkan bisa diolah oleh siswa untuk menjadi produk makanan yang bisa dijual. Hasil penjualan,  diputar lagi untuk membelikan bibit dan pupuk tanaman.  Sehingga siswa belajar juga tentang kewirausahaan.

Visi dan misi SMA N 2 Bojonegoro adalah menjadikan manusia yang berakhlak mulia,  tanggap sosial dan lingkungan, serta memiliki rasa kebangsaan yang tinggi, berbudaya cerdas dan terampil serta berwawasan global.

Dengan taggap sosial dan lingkungan, SMA N 2 Bojonegoro selayaknya menjadikan warga sekolah yang bertanggung jawab dan dan mempunyai kesadaran dan peduli terhadap lingkungan. Tidak hanya dalam even  lomba,  namun terealisasi dalam keseharian.  Tanggung jawab ini tidak hanya warga sekolah,   juga melibatkan dukungan orang tua dan komite sekolah. Sehingga program peduli lingkungan hidup masuk dalam kegiatan dan rencana anggaran sekolah.

Dengan fasilitas fasilitas yang ada,  serta insan insan yang bertanggung jawab,  SMA N 2 Bojonegoro  siap menyelenggarakan peduli lingkungan dan pantas untuk menjadi sekolah adiwiyata mandiri.



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas